BAGAIMANA CARA MENCEGAH TRAFFIC TIDAK VALID?

SEORANG penayang iklan (ad publisher) setelah diterima oleh pihak Google harus mewaspadai adanya lalu lintas tidak valid (traffic invalid) di situs atau blognya, sebab hal ini bisa mengancam keberlangsungan AdSense yang telah disetujui secara penuh agar tidak berisiko lebih fatal. Lalu lintas tidak sah memang sangat meresahkan bagi para penayang iklan, sebab jika hal itu terus-menerus dibiarkan maka dampak buruknya adalah akun dinonaktifkan secara permanen. Apakah para penayang iklan harus memantau akunnya tiap saat? Jawabnya adalah ya! Walaupun tidak tiap detik berada di depan komputer, setidaknya dalam sehari ia melakukan pantauan terhadap akunnya. Sebab lalu lintas terhadap sebuah situs terus berlangsung tiap hari bahkan tiap jam—apalagi jika situs tersebut sangat ramai pengunjung, bisa jadi tiap detik pasti terjadi lalu lintas pengunjung. Bisa saja saat itu terjadi lalu lintas tidak wajar. Dari keterangan yang disebutkan pihak AdSense yang intinya bahwa apa pun yang terjadi, penayang iklan bertanggung jawab penuh atas akun yang dimiliki.

Meski demikian, Google memiliki teknologi sangat canggih untuk mengidentifikasi atau menganalisis apakah akun penayang iklan mengalami lalu lintas yang semestinya atau malah terjadi lalu lintas tidak sah. Pakar mereka juga melakukan pantauan secara cermat terhadap klik serta tayangan iklan baik secara manual ataupun otomatis. Tentu saja hal itu dilakukan demi melindungi kepentingan penayang iklan maupun bagi pengiklan (Advertisers) itu sendiri. Disebutkan pula bahwa sistem yang mereka miliki menggunakan filter canggih untuk membedakan antara lalu lintas normal dan tindakan-tindakan abnormal sehingga menjadi ancaman bagi pengiklan.

Selain memiliki sistem otomatis nan canggih, ada tim khusus yang terus bekerja mendeteksi kegiatan tidak wajar. Berbekal pengalaman yang luas serta mumpuni, mereka akan menggunakan banyak metode guna melacak pelbagai skenario dari para pengguna. Secara proaktif mereka senantiasa memperbarui mekanisme pendeteksian guna mengatasi tindakan yang merugikan.

Para penayang iklan memang harus mewaspadai hal ini agar akun yang dimiliki aman dari bahaya yang sewaktu-waktu datang mengancam. Ketika terjadi hal-hal mencurigakan, ia bisa langsung melaporkan pada Google AdSense lewat layanan yang sudah disediakan.

Berikut ini adalah cara mencegah lalu lintas tidak sah (traffic invalid) yang disebutkan di situs resmi Google AdSense:

- Memahami traffic iklan dan pengunjung situs

Pisahkan laporan lalu lintas Anda menjadi segmen yang berarti menggunakan kanal URL, kanal ubahsuaian atau bahkan unit iklan DFP. Hal ini akan membantu Anda mengukur bagaimana perubahan pada sumber lalu lintas atau penerapan dapat memengaruhi lalu lintas iklan Anda.

Kemudian, gunakan Google Analytics untuk mendapatkan informasi terperinci tentang pengunjung situs Anda dan selalu waspada terhadap perilaku pengguna yang mencurigakan. (Dari manakah pengguna saya berasal, baik secara geografis atau di Web? Halaman mana yang mereka lihat di situs saya?). Pelajari cara memahami traffic Anda.

Jangan bekerja sama dengan pihak-pihak yang tidak tepercaya / memiliki kualitas rendah
Beberapa penayang memiliki masalah dengan traffic tidak valid saat bekerja sama dengan jaringan iklan, mesin telusur, atau situs direktori berkualitas rendah dalam upaya untuk meningkatkan traffic ke situs mereka. Pelajari lebih lanjut tentang pembelian traffic.

Jangan klik iklan Anda sendiri meskipun menurut Anda tidak masalah untuk melakukan itu
Meskipun Anda tertarik dengan iklan atau mencari URL tujuannya, mengklik iklan sendiri tetap dilarang. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan toolbar penayang AdSense. Perhatikan bahwa meskipun ketika kami memfilter klik pada iklan Anda, kami tidak mengabaikan sepenuhnya klik tersebut; jika kami merasa bahwa penayang telah mengklik iklannya sendiri untuk menaikkan penghasilannya atau biaya pengiklan, kami dapat menonaktifkan akun untuk melindungi pengiklan kami.

Periksa penerapan Anda 2 hingga 3 kali
Beberapa penayang menggunakan penerapan khusus yang mungkin memiliki konsekuensi yang tidak diharapkan pada permintaan iklan mereka. Pastikan penerapan iklan Anda mematuhi kebijakan penempatan iklan dan tidak memiliki error pemrograman. Selain itu, periksa iklan Anda di berbagai browser dan platform untuk memastikan performanya sesuai harapan.

Gunakan fitur situs yang diotorisasi untuk mencegah penggunaan kode iklan yang tidak diotorisasi
Fitur situs yang diotorisasi memastikan akun Anda hanya akan mengakumulasi statistik untuk iklan yang tampil pada situs yang telah Anda tetapkan. Itu berarti, pastikan bahwa Anda telah menambahkan situs dengan benar, jika tidak, sistem kami dapat memfilter kunjungan yang ingin Anda pertahankan.

Konsultasikan dengan Forum Bantuan AdSense
Jika ada pertanyaan, kemungkinan penayang lain mengalami permasalahan yang sama, maka bergabunglah dalam diskusi untuk mempelajari lebih lanjut atau buat diskusi sendiri. Beri tahu yang lain apakah Anda telah menjumpai pihak ketiga atau situasi yang cenderung menghasilkan traffic tidak valid.

Demikian itulah cara mencegah terjadinya lalu lintas tidak sah pada akun AdSense. Semoga bermanfaat!

0 Response to "BAGAIMANA CARA MENCEGAH TRAFFIC TIDAK VALID?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel