INILAH PENGERTIAN DAN MANFAAT JELAJAH BLOG (BLOG WALKING)

BLOG WALKING (BW) jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih maknanya adalah menjelajah atau membaca blog tertentu. Ada banyak alasan mengapa blogger melakukan penjelajahan ke blog lain. Rata-rata blogger melakukan penjelajahan guna mencari referensi atau ingin membaca di sela waktu senggang. Terkadang terjadi salah persepsi di antara blogger soal jelajah blog ini. Sebagian memaknai bahwa menjelajah ke blog tertentu hanya sekadar berkunjung tanpa membaca konten atau isi artikelnya. Ironisnya, tanpa perlu membaca seluruh isi langsung komentar atau bahkan pergi tanpa kata-kata. Fakta semacam ini sering terjadi hingga terkadang antara teks dan konteks tidak selaras. Jadi, usahakan ketika bersedia melakukan jelajah blog, setidaknya membaca secara tuntas lalu beri tanggapan secara semestinya.

Perlu diketahui bahwa melakukan pejelajahan blog memiliki banyak sekali manfaat, tetapi hal ini nyaris tidak diketahui oleh blogger. Apakah melakukan penjelajahan blog hanya akan buang-buang waktu bahkan tak menghasilkan apa-apa? Tentu saja tidak!

Sebagai blogger, melakukan penjelajahan ke blog-blog tertentu sangatlah berdampak baik bagi diri sendiri maupun orang lain—terutama bagi pemilik blog.

Berikut manfaat melakukan penjelajahan blog.
1. Menambah Wawasan Sekaligus Mendapat Ilmu Pengetahuan
Tak bisa dipungkiri bahwa melakukan jelajah blog pasti menambah pengetahuan baru. Tentu saja dengan syarat mengunjungi bukan sekadar melihat, tapi membaca tuntas isi artikel yang disuguhkan pemilik blog. Bacalah apa saja selama hal itu berdampak positif bagi diri sendiri.

2. Memunculkan Ide serta Melejitkan Daya Kreatif
Seorang penulis—khususnya penulis blog—memang dianjurkan untuk aktif sekaligus produktif menulis. Seorang penulis perlu banyak referensi untuk memunculkan ide-ide segar. Lalu lintas pengunjung sebuah blog juga tergantung seberapa banyak konten yang disajikan di dalamnya. Apakah konten tersebut menarik untuk dibaca atau tidak. Semakin banyak konten, tentu semakin meningkatkan lalu lintas pengunjung. Bagaimana mungkin seorang penulis bisa lebih produktif dan kreatif jika tidak banyak membaca? Membaca bukan hanya lewat buku, tapi bisa juga dilakukan dengan cara membaca tulisan media digital.

3. Menambah Kawan atau Kenalan Baru
Bukan hanya lewat media sosial, menulis di blog juga bisa menjadi tempat untuk menambah pertemanan. Secara tidak langsung, ketika ada orang yang berkunjung ke blog, pemilik blog akan membalas komentar dari pengunjung—walaupun tidak semua pemilik blog bersikap responsif serta familier. Setidaknya, semakin banyak pengunjung dan komentar, blogger juga mendapat teman baru.

4. Mengetahui Cara Menjadi Blogger Secara Maksimal
Semakin sering blogger mengunjungi blog lain, secara tak langsung pasti mengetahui praktik bagaimana menyajikan konten-konten yang dibutuhkan pembaca. Tiap blogger pasti bersaing dalam hal menyajikan konten. Di lain sisi, ketika mengunjungi blog tertentu, blogger juga mendapatkan apa saja yang dibutuhkan. Mungkin tentang cara mengubah tampilan blog, cara menempatkan kode-kode tertentu, atau apa saja yang selama ini belum diketahui. Dari kegiatan semacam ini lambat laun akan membentuk dirinya menjadi blogger profesional. Sebagai blogger juga butuh pengetahuan bagaimana mengolah blog agar sukses serta banyak dikunjungi pembaca.

5. Backlink
Ketika blogger mengunjungi sebuah situs tertentu dan memberi komentar di salah satu artikel, sudah tentu menjadi cara untuk mendapatkan backlink. Setidaknya, pemilik blog yang sudah dikunjungi akan berkunjung ulang bila menyertakan link. Atau dengan kata lain saling tukar link untuk saling berkunjung. Hanya saja terkadang tidak semua blog mengizinkan menautkan sebuah link. Biasanya yang diizinkan adalah akun media sosial semisal Google + (G +), Facebook, atau media sosial lainnya. Meski demikian, hal itu tetap bisa dikategorikan sebagai backlink, karena selain pemilik blog, pengunjung lain juga pasti melihat bahkan akan berkunjung jika berkenan.

6. Promosi
Tak jauh beda dengan poin di atas, ketika blogger meninggalkan jejak komentar, secara tak langsung juga melakukan promosi. Ingat! Tinggalkan komentar yang baik serta jangan melakukan spam, pemilik blog yang baik pasti akan meluangkan waktu untuk berkunjung ulang. Tapi, ketika blogger melakukan spam apalagi berkata-kata tak sopan, sudah pasti dihapus serta tidak akan sudi berkunjung ulang. Pemilik blog sangat mengharagi orang-orang yang menjunjung tinggi etika serta mengedepankan nalar.

7. Menaikkan Peringkat di Mesin Pencarian
Bagi blogger pemula barangkali perlu aktif berkunjung atau menjelajahi blog lain. Perlu dikatahui bahwa SEO bukan sekadar soal optimasi di lingkup intrnal blog saja, tapi untuk meningkatkan sekaligus menaikkan peringkat di mesin pencarian. Selain mengindeksnya, juga perlu cara lain yakni meninggalkan jejak di blog atau situs-situs lain. Dalam dunia SEO ada yang namanya SEO OFF PAGE yaitu tehnik yang dilakukan di luar (eksternal) lingkungan website atau blog lain.

Ketika blogger membaca artikel di situs atau blog tertentu, sudah pasti diminta mengisi data pribadi; misal nama, alamat blog atau email. Semakin banyak blogger meninggalkan jejak, sudah tentu semakin memperluas sekaligus memperbanyak jaringan di internet.

8. Meningkatkan Lalu Lintas Pengunjung (Traffic)
Para blogger pasti berharap blog yang ia buat mendapat lalu litas banyak serta tinggi. Blogger pasti sedih ketika blognya sepi pengunjung. Jangankan mencapai 1000, untuk mendapatkan 500 pengunjung per hari saja amat susah. Dampak postitif yang didapat dari menjelajahi blog orang lain serta meninggalkan komentar tak lain adalah bertujuan untuk mendapat perhatian lebih luas dari banyak kalangan.

9. Saling Mengapresiasi
Menjelajah blog orang lain bukan untuk buang-buang waktu. Salin silaturahmi, mengunjungi blog juga merupakan bentuk apresiasi terhadap karya orang lain. Blogger pasti merasa senang ketika mengetahui bahwa blognya dikunjungi. Blogger pasti merasa bahagia saat mengetahui bahwa artikel yang ia buat sangat membantu dan bermanfaat bagi orang lain. Bukankah pada dasarnya ketika blogger membuat sebuah artikel tujuan utamanya adalah untuk itu—menyuguhkan ilmu agar dibaca sekaligus bermanfaat untuk orang lain?

Selain itu, semakin sering meninggalkan jejak komentar di blog orang lain juga bisa meninggalkan memori di pikiran orang. Blogger tersebut akan dikenali atau mudah diingat. Jika sudah demikian, secara tak langsung pasti mengukuhkan reputasi sebagai seorang blogger. Bila sudah banyak kawan, sebagai sesama blogger pasti saling menunggu artikel-artikel terbaru.

Demikian itulah di antara manfaat-manfaat dari menjelajahi blog orang lain. Meski bagi sebagian orang masih ada manfaat lainnya, namun secara garis besar adalah seperti poin-poin yang tersebut di atas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "INILAH PENGERTIAN DAN MANFAAT JELAJAH BLOG (BLOG WALKING)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel