CARA MEMASANG DISQUS PADA BLOG

Barangkali sebelum mengetahui cara memasang Disqus pada blog mungkin perlu diketahui terlebih dahulu apa itu Disqus. Disqus (dibaca dalam bahasa Inggris: discuss) merupakan suatu layanan sistem komentar berjaringan di dunia maya. Ratusan ribu situs, mulai dari situs kecil, situs populer seperti blog Wordpress, Tumblr, Blogspot, hingga situs besar seperti Mashable.com dan CNN.com dapat diintegrasikan dengan Disqus untuk mendukung layanan diskusi bagi para pengguna di dunia maya. Selain itu, untuk pengaturan secara manual, Disqus bisa diintegrasikan dengan jenis CMS seperti Drupal, Joomla, Squares pace, Yola/SythaSite, DokuWiki, Storytlr, Sweetcron, Sandvox dan Chimp. Tidak heran berbagai situs menganggap diskusi melalui dunia maya juga harus diperhitungkan kekuatannya, karena internet sejak kemunculannya hingga kini telah menjadi media komunikasi yang interaktif, yang tidak lagi menawarkan komunikasi satu arah. Pengguna internet di Indonesia tahun 2009 saja telah mencapai lebih dari 25 juta orang, dan diperkirakan akan meningkat sebanyak 25% setiap tahunnya. Maka dari itu kehadiran Disqus disambut baik oleh sekian banyak situs beserta penggunanya. (Sumber: Wikipedia)

Sebelum memasang Disqus di blog, Anda harus daftar terlebih dahulu DI SINI. Jika sudah mendaftar dan sudah mengatur secara keseluruhan, silakan ikuti tahapan memasang layanan ini di blog.
1. Masuk ke akun Disqus mulik Anda;
2. Masuk ke bagian Admin > Installing Disqus;



3. Pilih platform yang ingin dipasang Disqus;


4. Pilih penempatan pada blog;

lalu pilih atau tempatkan pada blog Anda

5. Tambahkan Elemen Halaman (Menambah Widget);



Setelah ditambahkan, biasanya widget sudah masuk pada bagian Tata Letak. Jika ingin merapikan posisi widget, Anda cukup mengatur atau meletakkan di bagian mana saja yang dikehendaki.

Pada dasarnya kolom komentar secara otomatis sudah ada pada blog, tapi seperti yang disebutkan oleh Wikipedia di atas, rata-rata situs atau blog tersohor beralih menggunakan Disqus ketimbang menggunakan kolom komentar bawaan blog.

Jika diperhatikan, tampilan blog menggunakan Disqus dengan blog yang menggunakan kolom komentar bawaan blog asal memang tampak lebih menarik yang pakai Disqus. Bukan berlebihan, tapi tampilan maupun fitur yang diberikan memang lebih menarik. Belum lagi jika disetujui, Anda bisa mendapatkan penghasilan jika menayangkan iklan dari Disqus.

Menarik bukan? Jadi, segeralah beralih dari kolom komentar bawaan blog asal ke Disqus.

0 Response to "CARA MEMASANG DISQUS PADA BLOG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel