ISTILAH-ISTILAH YANG PERLU DIKETAHUI PUBLISHER ADSENSE

BAGI para pemula yang baru diterima oleh Google AdSense—selain merasa girang—tentu di sela itu masih meraba-raba atau mencoba memahami cara kerja terkait AdSense. Bagaimana cara menempatkan kode iklan, dan lain sebagainya. Hal apa saja yang diperbolehkan dan apa saja yang dilarang sehingga selamat dari penonaktifan secara permanen (banned). Tentu saja semua publisher tidak berharap hal itu terjadi.

Sejauh itu, tentu para publisher pemula akan dihadapkan dengan istilah-istilah yang barangkali terasa asing baginya—bahkan baru kali pertama mendengarnya. Publisher pemula akan dihadapkan pada istilah semacam Page View, CPC, CTR, CPM, dan eCPM. Tentu bagi publisher pemula butuh mempelajari semua itu sembari menunggu hasil atau gaji sebagai seorang publisher AdSense.

Pada dasarnya istilah tersebut merupakan informasi analisis yang diberikan oleh Google AdSense kepada para publishernya. Analisis data yang digunakan untuk merinci hasil kinerja penayangan iklan maupun pendapatan untuk para publisher.

Adapun istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut:
1. Page View (Jumlah Halaman Terlihat)
Page View (Jumlah Halaman Terlihat) adalah berapa jumlah iklan yang tayang ketika web atau blog dikunjungi. Dalam hal ini nilai yang dihitung bukan tergantung pada seberapa banyak unit iklan yang dipasang, sebab andai seorang publisher memasang 2 unit iklan, lantas halaman tersebut menampilkan iklan sebanyak 5 kali, tetap saja akan dihitung 5 kali.

2. Jumlah Klik (Click)
Istilah ini merupakan hasil penghitungan seberapa banyak unit iklan diklik oleh pengunjung atas kemauan sendiri—bukan merupakan hasil kegiatan tidak sah dari cara-cara tertentu. Hasil klik ini pula yang nanti akan memengaruhi pendapatan bagi para publisher.

3. Cost Per Click (CPC)
Cost Per Click (CPC) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser atau pengiklan untuk tiap klik pada iklan yang ditayangkan dalam web atau blog. Apabila unit iklan yang dipasang oleh publisher diklik oleh pengunjung, maka publisher akan mendapatkan penghasilan sesuai nilai yang ditawarkan oleh pengiklan. Tiap pengiklan memiliki nilai CPC berbeda-beda, semakin besar nilai yang diberikan, maka semakin besar pula penghasilan yang didapatkan oleh publisher.

4. Click Through Rate (CTR)
Click Throught Rate (CTR) merupakan hasil perbandingan dalam bentuk persentase guna menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan Adsense yang telah ditayangkan dalam web atau blog. Semisal, iklan tampil sebanyak 1000 kali dan iklan tersebut mendapatkan klik sebanyak 10 kali, secara hitungan kurang lebih sebagai berikut: 10/1000 x 100% = 1%. Jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.

Nilai CTR ini akan menginformasikan adanya perilaku normal atau tidak atas klik pada unit iklan. Hasil data ini menjadi salah satu referensi bagi Google maupun publisher untuk memantau adanya perilaku klik secara normal dan tidak normal. Nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, namun jikal nilai CTR lebih dari 100% berarti itu sudah terindikasi adanya tindakan tidak normal. Kasus semacam ini bisa saja terjadi karena adanya bom klik. Sebagai publisher harus memantau aktivitas dalam web atau blognya, jika hal ini dibiarkan maka risiko banned ada di depan mata. 

5. Revenue Per Thoushand Impression (RPM)
Revenue Per Thoushand Impression (RPM) merupakan hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman per 1.000 atas iklan-iklan yang sudah tayang dalam web atau blog. Misal, seorang publisher menghasilkan $200 dari 50.000 impressi, maka ia memiliki nilai CPM sebesar $4—nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impresi/1000)] atau dengan kata lain (200/(50.000/1000)=200/50=4.

6. Estimated Earning (Perkiraan Pendapatan)
Estimated Earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang diperoleh para publisher dari tayangan iklan Adsense. Atau dengan kata lain, nilai estimated earning adalah hasil kali antara jumlah klik dengan CPC—semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula pendapatannya.

Itulah beberapa istilah dalam Google AdSense. Semoga dapat membantu menambah wawasan bagi para publisher.

0 Response to "ISTILAH-ISTILAH YANG PERLU DIKETAHUI PUBLISHER ADSENSE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel