INILAH CARA MUDAH MENGETAHUI JUMLAH KATA DALAM SEBUAH ARTIKEL

KETIKA sedang menulis artikel tertentu dan ingin mengirimkan ke media, biasanya ada persyaratan yang diberikan dari pihak media kepada para penulis. Di antaranya persyaratan tersebut adalah soal jumlah kata, atau lebih sering disebut dengan jumlah karakter. Mengapa media memberi batasan jumlah kata di tiap artikel yang ingin diterbitkan? Kurang lebih alasan utamanya adalah ruang yang diberikan oleh media bersangkutan. Tentu saja seorang penulis harus pandai-pandai memanfaatkan ruang yang disediakan atau dengan kata lain menulis secara efektif, tidak bombas. Efektivitas dari seorang penulis atas tulisannya memang sangat diharapkan agar tidak terlalu bertele-tele sehingga memicu kebosanan bagi pembaca. 

Rata-rata untuk rubrik sastra (cerita pendek) antara 1000—1500 kata, atau kurang lebih antara 5—6 halaman. Sedangkan untuk puisi kurang lebih 2—5 judul saja. Begitu pula dengan artikel-artikel lainnya.

Bagaimana cara mengetahui jumlah kata dalam sebuah artikel? Jika Anda menggunakan Microsoft Office Word 2013, cara mengetahuinya cukup mudah. Anda tinggal melihat di bagian kiri bawah lembar kerja Microsoft Office Word. Di situ sudah ada rincian berapa jumlah halaman ataupun berapa jumlah kata dalam sebuah artikel.


Atau jika Anda ingin mengetahui secara spesifik terkait statistik jumlah kata bisa klik dua kali pada dialog box tersebut, maka akan muncul keterangan secara lebih spesifik lagi.



Jika ingin mengetahui jumlah kata dalam satu paragraf, Anda tinggal blok paragraf mana saja yang dikehendaki dialog box secara otomatis pasti menunjukkan berapa jumlah kata dalam satu paragraf tersebut.

Demikian itulah cara mudah mengetahui jumlah kata atau karakter dalam sebuah artikel. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

0 Response to "INILAH CARA MUDAH MENGETAHUI JUMLAH KATA DALAM SEBUAH ARTIKEL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel