INILAH CARA PALING MUDAH MENGUBAH HTTP MENJADI HTTPS

SEBELUM jauh mengetahui cara mudah mengubah HTTP menjadi HTTPS, barangkali perlu diketahui lebih dulu apa pengertian keduanya. Sebagian besar blogger sudah pasti akrab dengan HTTP walaupun bisa jadi secara kepanjangan belum sepenuhnya tahu. Kebanyakan blogger lebih menyingkatnya dengan HTTP ketimbang menyebut secara lengkap. Kepanjangan HTTP adalah Hypertext Transfer Protocol. HTTP merupakan protokol yang bertujuan mentrasfer pesan dari server ke client. Sedangkan HTTPS memiliki kepanjangan Hypertext Transfer Protocol Secure. HTTPS sendiri merupakan gabungan HTTP dan SSL (Secure Socket Layer) sehingga enkripsi berjalan aman.

Mengapa situs tertentu perlu diubah dari HTTP menjadi HTTPS? Tak lain agar koneksi yang berlangsung berjalan secara aman. Tentu saja yang dimaksud aman di sini adalah untuk melindungi situs dari serangan-serangan yang tidak diinginkan. Bukan hanya aman dari serangan berbahaya, tapi juga aman secara sambungan alias koneksinya. Tentu saja hal ini menjadi harapan bagi pekerja digital atau pemilik situs.


Sebenarnya fitur ini sudah disediakan oleh pihak Blogger sejak lama, namun belum bisa diterapkan ketika beralih ke domain tingkat atas, kecuali tetap menggunakan subdomain Blogspot. Seiring waktu baru bisa diterapkan belakangan ini tanpa perlu mengaturnya lewat cPanel tempat pembelian domain. Tentu saja hal ini menjadi kebahagiaan sendiri bagi blogger yang beralih ke domain tingkat atas atau top level domain (TLD) yang semula perlu mengatur lewat cPanel ketika ingin beralih dari HTTP menjadi HTTPS pada blognya.

Langsung saja ke pokok bahasan tentang bagaimana cara mengubah HTTP menjadi HTTPS tanpa perlu membuka cPanel dari layanan domain tertentu.
1. Masuk ke akun Blog Anda;
2. Buka dashboard blog Anda > Setting/Pengaturan;
3. Ubah tombol ‘Tidak’ pada ‘Ketersediaan HTTPS’ menjadi ‘Ya’;

4. Setelah itu ubah juga ‘Pengalihan HTTPS’ menjadi ‘Ya’;

5. Setelah itu simpan.

Jika sudah dilakukan dengan benar, coba tunggu 5—10 menit atau coba lihat blog secara langsung. Apabila sudah bisa dibuka, berarti proses pengalihan sudah berhasil. Tapi jika masih belum bisa terbuka, silakan tunggu sampai benar-benar bisa diakses beberapa menit/jam kemudian.

Demikian cara mudah mengubah HTTP menjadi HTTPS tanpa perlu menggunakan cPanel yang membutuhkan proses secara praktik cukup rumit.

Terima kasih masih setia membaca tulisan-tulisan dari kami. Mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga berhasil dan bermanfaat.

0 Response to "INILAH CARA PALING MUDAH MENGUBAH HTTP MENJADI HTTPS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel