CARA MENGATASI TOMBOL REPLY KOMENTAR BLOGSPOT TIDAK BERFUNGSI

Bulan April mendatang fitur G+ akan ditiadakan. Tentu saja kabar ini sangat mengejutkan bagi semua kalangan Blogger. Selain mengejutkan, tentu ada hal-hal lain bahkan dampak-dampak kurang menyenangkan yang timbul setelah platform tersebut benar-benar tidak ada. Blog yang selama ini menggunakan layanan kolom komentar G+ secara terpaksa harus beralih ke layanan komentar bawaan dari Blogspot. Jika tidak segera mengganti atau beralih, tentu tidak bisa lagi berinteraksi dengan pembaca jika masih memasang layanan komentar G+ tersebut.

Bagi sebagian Blogger, mungkin hal ini tidaklah terlalu penting, sebab sering kali memang ada blog yang tak membutuhkan atau memasang kolom komentar di dalam blognya. Alasan mengapa tidak memasang kolom komentar sudah kami bahas di artikel lain di dalam blog ini. Namun bagi sebagian Blogger yang lebih ingin intensif berinteraksi dengan para pengunjungnya, tentu hal ini menjadi perhatian serius. Biasanya, setelah beralih dari G+ menjadi kolom komentar bawaan Blogspot, ada pengaturan yang perlu dilakukan agar kolom komentar tersebut berfungsi secara baik. Masalah pengaturan ini juga dipengaruhi oleh template yang digunakan. Ada yang responsif ada juga yang tidak. Meskipun template yang digunakan responsif, bisa saja kendala muncul setelah ada perubahan pengaturannya—terutama dalam hal kolom komentar setelah beralih ke layanan bawaan Blogspot.

Benarlah! Seperti yang sudah kami alami. Suatu hari kami menemukan sesuatu yang tak biasa setelah beralih dari G+ menjadi kolom komentar bawaan Blogspot. Kami mendapati tombol Reply atau balas komentar tidak bisa diklik alias tidak berfungsi. Kami kira jaringan internet sedang tidak baik, setelah cek di browser lain, masalah itu tetap saja terjadi—tombol Reply tidak berfungsi. Lalu kami coba cari di bagian lainnya, dari membuka pengaturan sampai mencoba balas langsung dari dalam blog, semua tetap tak membuahkan hasil. Lalu kami mencoba mencari sumber masalah tersebut di bagian edit HTML. Dari <head> sampai <style> sudah ditelusuri, namun belum juga membuahkan hasil. Akhirnya ketemulah masalah yang saat itu kami alami yakni pada bagian <body>.

Jika Anda mengalami hal serupa, barangkali cara ini bisa membantu memperbaiki masalah tombol Reply/balas komentar tidak berfungsi.

1. Masuk ke akun Blogspot Anda;
2. Klik Tema > Edit HTML;
3. Cari kode berikut ini di dalam script Edit HTML:

&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

Ubah kode tersebut menjadi;

</body>


4. Simpan (Save).

Cara tersebut pun berhasil kami terapkan di dalam template ini, tapi jika belum berhasil, Anda bisa mencoba cara lain.

Caranya kurang lebih masih sama seperti yang sudah kami sebutkan di atas, perbedaannya hanya pada kode script saja, yakni pada pengubahan kode script berikut ini:

1. Cari kode ini di dalam Edit HTML;

&lt;!--</head>--&gt;&lt;/head&gt;

2. Ubah menjadi:

</head>

3. Lalu simpan (Save).

Jika cara kedua tersebut belum berhasil, barangkali hal lain yang perlu dilakukan adalah mengganti kode CSS-nya. 

1. Cari kode berikut;

b:css='false'

2. Ubah kode tersebut menjadi;

b:css='true'

Biasanya jika Anda menggunakan template bawaan Blogspot nyaris tidak akan menjumpai kendala semacam ini, namun jika menggunakan template modifikasi selain Blogspot, bisa jadi masalah semacam ini akan dialami.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengatasi masalah tombol Reply atau Balas Komentar yang tidak berfungsi secara semestinya.

0 Response to "CARA MENGATASI TOMBOL REPLY KOMENTAR BLOGSPOT TIDAK BERFUNGSI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel